PoJoK BNI uNiLa
Friday, April 13, 2007
Sekilas Refleksi Perekonomian Indonesia 2006 (Menjelang satu dasawarsa krisis ekonomi)
Pertumbuhan ekonomi indonesia yang sebesar 5,5 % ditahun 2006 telah banyak ditopang oleh pertumbuhan Konsumsi yang cukup tinggi di indonesia. Sehingga setiap 1% pertumbuhan ekonomi hanya menciptakan lapangan pekerjaan sebesar 50 - 70 ribu. hal ini sungguh kontras dengan pra krisis ekonomi terdahulu yaitu setiap 1% pertumbuhan ekonomi dapat menciptakan 300 - 400 ribu lapangan pekerjaan.

Ini merupakan suatu dilema bagi perekonomian bangsa ini mengingat krisis yang menimpa negara ini sudah memasuki usia satu dasawarsa. Karena dengan konsumsi yang tinggi namun tidak diikuti dengan pertumbuhan sektor riil lainnya jelas ini akan menimbulkan kondisi yang tidak kondusif bagi negara ini. maka untuk salah satu solusi yang harus diambil yaitu investasi sebesar-besarnya di berbagai sektor. karena terbukti dengan adanya investasi baik dari dalam maupun luar negeri telah membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran terbuka yang pada tahun 2006 jumlahnya mencapai 10,3 persen (10,9 juta) atau lebih tinggi dari tahun 2004 sebesar 9,9 persen (10,3 juta).

Perlu kita cermati bersama bahwa untuk menuju terciptanya iklim usaha atau investasi yang kondusif, terutama bagi bangkit dan berkembangnya sektor riil masih terdapat beberapa komponen penting lain agar syarat perlu dan cukup (necessari and sufficient conditions ) tersebut terpenuhi antara lain : (1) layanan birokrasi yang baik, (2) regulasi/kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang lainnya, termasuk penegarkan dan kepastian hukum, kebijakan sektoral (kementrian/lembaga) dan peraturan daerah (perijinan/pungutan), (3) dukungan jaringan infrastruktur yang memadai, serta (4) stabilitas sosial politik dan keamanan.
kita sama-sama berharap bahwa pemulihan perekonomian bangsa ini harus segera dituntaskan dengan berbagai kebijakan yang memihak kepada rakyat, karena jika kita melihat pertumbuhan ekonomi yang lebih banyak menguntungkan "orang-orang besar" yang berarti usaha pemerataan distribusi pendapatan yang mesti ditingkatkan. Hal ini tidak terlepas dari usaha untuk menaikkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat indonesia yang masih bergulat dalam kemiskinan yang jumlahnya meningkat pada tahun 2004 sebesar 16,7 persen (36,1 juta) menjadi 17,8 persen (39,1 juta).

Dan yang pastinya usaha-usaha pemulihan perekonomian merupakan tanggung jawab yang mesti dipikul oleh kita semua sebagai bagian integral dari masyarakat negara Indonesia.
Semoga dengan momentum menjelangsatu dsawarsa krisis ekonomi mampu menstimulus usaha-usaha yang lebih keras untuk segera mengeluarkan bangsa ini dari krisis ekonomi yang berkepanjangan ini..

Hidup rakyat Indonesia..!!
Hidup Bangsa Indonesia..!!

Mahasiswa Universitas Lampung Fakultas Ekonomi Ilmu Ekonomi

By : D. Satyabufara

posted by POJOK BNI UNILA @ 2:38 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: POJOK BNI UNILA
Home: bandar lampung, lampung, Indonesia
About Me: pojoK BNI Unila adalah program kepedulian Bank BNI untuk ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan masyarakat pendidikan di Indonesia,khususnya tingkat universitas.sebagai wujud atau bentuk peran aktif dari pojok BNI Unila dengan menyediakan beberapa fasilitas yang bisa di nikmati secara gratis. Antara lain internet on line jam kerja dari hari senin sampai jum'at mulai pukul 8:00-16:00. Juga tersedia koleksi buku-buku perpustakaan (Perbankan,UKM,Succes story dll).Selain itu kegiatan-kegiatan yang mengarah pada kewirausahaan ataupun enterpreneurship meliputi seminar,pelatihan,aplikasi wirausaha.Adapun fasilitas fisik yang lain ruang ber AC,televisi,ruang baca yang nyaman,media cetak(Kompas,SINDO,Media Indonesia)serta info mngenai dunia kerja dan kegiatan mahasiswa.Adapun Out put yang diharapkan agar mahasiswa bisa lebih mandiri dalam berwirausaha dan siap di dunia persaingan global.Anda bisa mengirimkan saran,kritik dan masukan melalui alamat: E-mail pojokbniunila@yahoo.co.id,Blogspot ini,dan friendster pojokbniunila@yahoo.co.id.atau via pos ke Jl.Sumantri Brodjonegoro No.1 Ged.Balai Bahasa Unila lantai I kode pos 35145
See my complete profile
Baca Juga
File
Links
BloG Teman
Pesan

Free Hit Counter
Free Counter

Name :
Web URL :
Message :

Powered by

BLOGGER